Bikin PowerBank Sendiri Yuk..!

Harga sebuah charger portable atau umum disebut dengan power bank sangatlah mahal untuk sebagian orang, tidak semua bisa merogoh koceknya, dengan artikel ini saya harap anda tidak perlu khawatir lagi ya bepergian jauh keluar rumah. anda bisa setiap saat charger iphone, android, atau smartphone
Mungkin anda mau mencobanya atau anda memang mengalami "Kantong Kering"..?, mungkin anda berminat mencobanya

Bahan-bahan yang di butuhkan : 

  1. Type A Female USB port
  2. Lembaran papan PCB secukupnya perlembar ukuran 20cmx10cm (Rp.3000 - Rp.5000)
  3. IC LM7805 (+/- Rp.2.500)
  4. Resistor 160 ohm (optional) (+/- Rp.500)
  5. C1 100uF/ 50v (Rp.1000)
  6. C2 0.1 (Rp 500)
  7. LED 2,2v 240mA Hijau (optional) (Rp 250)
  8. 9v battery clip (Rp 5000-Rp10.000)
  9. Switch ON/OFF (Rp 1000)

Perhatikan gambar rangkaian dibawah ini, gambar rangkaian menggunakan saklar (sw) dan menggunakan led indikator berwarna hijau.
Rangkaian dengan LED indikator
Atau anda bisa tentukan pilihan tanpa menggunakan keduannya, sehingga gambar rangkaian tampak terlihat simple sekali


Rangkaian TANPA LED indikator
Tempatkan komponen seperti terlihat pada rangkaian di atas ya...(INGAT itu gambar terlihat dari bawah, anda harus pasang dari sisi sebaliknya)




gambar yang telah jadi

Setelah pemasangan komplit hasil bentuknya terlihat kecil dan bisa dicangking kemana saja tanpa banyak makan tempat bukan. Bila anda masih bingung mungkin anda bisa menonton video satu ini.



Sudah sekian lama saya sudah tidak menulis artikel baru saya dengan alasan di kurikulum 2013, ternyata tidak ada nya mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi Komunikasi), jadi saya sedikit menelantarkan Blog saya ini.

Saya juga mengucapkan, Minal Aidzin Walfaidin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Jika ada pertanyaan di comment saja ya..

Sumber
Previous
Next Post »

Mau bertanya..? cukup komen saja yang tidak mengandung SARA, P.RNO, dan a SPAM.
Apabila anda melakukan komen tersebut,
otomatis saya akan mendelete. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment