Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Mudah



Secara saya pribadi tidak pernah memakai Kaos Kaki 3 hari berturut. Bau sepatu adalah penyakit yang menyerang tanpa bulu. Baik sepatu mahal atau pun sepatu murah, semua bisa mengalaminya. Masalah ini sebenarnya adalah hal yang lumrah, mengingat banyak orang mengalaminya (apalagi mereka yang tingkat aktifitasnya tinggi). Dalam rongga sepatu yang gelap, kedap dan lembab, kaki terus-menerus memproduksi keringat dan suhu panas. Tentunya bakteri dan jamur senang tinggal dan berkembang biak di habitat seperti itu.

Mencegah Lebih Baik Daripada Menyembuhkan
Kita pasti akan kerepotan bila bakteri dan jamur membandel telah 'meresap' di pori-pori dan bercokol di lipatan-lipatan dalam sepatu kita. Biang bau akan sulit sekali dihilangkan biarpun sepatu kita cuci berkali-kali. Rajin menjaga kebersihan kaki dan sepatu tentunya adalah tindakan pencegahan yang paling penting. Sebisa mungkin jauhkan sepatu dari lembab dan kotoran. Berikut ini adalah tips preventif yang bisa menjauhkan kita dari bau sepatu :

  1. Selalu gunakan kaos kaki yang bersih. Sebaiknya pilihlah kaos kaki olahraga yang berbahan katun dan tipis.
  2. Rajin-rajinlah memotong dan membersihkan kuku jari kaki. Bila kakimu tergolong mudah berkeringat, maka gunakan kaos kaki tipis yang berbahan katun atau kaus kaki olahraga yang didesain untuk mempermudah sirkulasi udara.
  3. Selalu simpan sepatu di tempat yang sirkulasi udaranya bagus, tidak lembab dan pencahayaannya cukup, soalnya jamur dan bakteri alergi terhadap matahari dan udara segar.
  4. Sesegera mungkin keringkan sepatu setiap kali basah.

Tips 'Penyembuhan'
Bila sepatu kesayangan sudah terlanjur bau, berarti bakteri dan kuman sudah terlanjur bercokol di dalamnya.
Kita harus mensterilkan sepatu dengan melakukan empat langkah berikut :

Langkah 1 : Pembersihan

Lepaskan semua tali sepatu dan tarik keluar bagian lidah sepatu, lalu cuci bersih sepatu itu dengan cairan desinfektan / antiseptik. Beri perhatian lebih pada bagian - bagian yang tersembunyi. Setelah itu, jemur di bawah matahari langsung sampai sepatu benar-benar kering.

Langkah 3 : Pembekuan
Bungkuslah sepatu dengan kantong plastik rapat-rapat, lalu masukkan ke dalam freezer selama semalam. Temperatur dingin akan membunuh sebagian besar bakteri penyebab bau. Keesokan paginya, keluarkan sepatu dari kantong plastik dan jemur lagi sepatu itu.

Langkah 4 : Penyerapan bau
Campurkan segenggam baking-soda dan sejumput bubuk kopi dalam sebuah wadah cawan kecil. Lalu taruh wadah /cawan itu di dalam sepatu, dan biarkan 'ramuan ajaib' itu bekerja di dalam sepatu sampai sekitar sekitar 12 jam. Baking soda dan bubuk kopi adalah zat yang dapat menyerap bau tidak enak. Trik ini dijamin bisa mengusir bau membandel dari sepatu kesayangan kita.

Atau ada yang lebih sederhana lagi, yaitu dengan menaruhkan uang koin (Rp.500, Rp.200, Rp.100)
Kedalam Sepatu anda.


Shoe-sterilizer : Senjata Pamungkas Untuk Para Kolektor Sepatu

Buat kolektor sepatu yang punya seabrek sepatu, tidak ada salahnya mengeluarkan uang lebih untuk membeli shoe-sterilizer alias pensteril sepatu. Alat ajaib ini bisa menghilangkan bau sepatu dalam waktu singkat. Ada shoe-sterilizer yang berbentuk cabinet / lemari penyimpan sepatu, ada juga yang berbentuk piranti elektronik yang bisa dimasukkan ke dalam rongga sepatu.




Pada dasarnya, cara kerja alat ini adalah menggunakan sinar UV (kadang dipadukan dengan kipas dan deodorant) untuk membunuh bakteri-bakteri dan jamur sumber bau.


sumber : blokf.com, google gambar, alibaba.com; tradekorea.com
Previous
Next Post »

Mau bertanya..? cukup komen saja yang tidak mengandung SARA, P.RNO, dan a SPAM.
Apabila anda melakukan komen tersebut,
otomatis saya akan mendelete. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment