50 Keunikan Tubuh Pada Manusia


Tubuh manusia benar-benar mengagumkan. Jika kita berusaha untuk menjaga dan merawat tubuh kita dengan baik serta mempraktekan gaya hidup sehat, maka kemungkinan besar tubuh kita akan bertahan untuk waktu yang cukup lama. Mungkin anda akan terkejut mengetahui apa yang dapat dilakukan oleh tubuh anda setelah membaca 50 keunikan tubuh manusia ini.

Otak Manusia

Otak manusia begitu rumit dan sebagian besar masih belum dipahami, namun bagian inilah yang membuat bagian tubuh manusia lainnya bekerja dengan baik. Tubuh bisa dibuat tetap hidup, tapi tanpa otak, seseorang tidak benar-benar hidup. Berikut ada beberapa keunikan yang dimiliki otak.

1. Otak tidak merasakan rasa sakit - Meskipun otak memproses sinyal rasa sakit, otak itu sendiri benar-benar tidak dapat merasakan rasa sakit.

2. Otak memerlukan oksigen dalam jumlah besar - Otak kita memerlukan 20 persen oksigen dan kalori yang diperlukan tubuh, walaupun otak hanya 2 persen dari keseluruhan berat tubuh.

3. 80 persen dari otak ialah air - Bukannya secara relatif padat, otak manusia 80 persennya air. Hal ini penting bahwa kita harus benar-benar hidrasi untuk menjaga pikiran.

4. Otak aktif pada malam hari - Mungkin anda pikir bahwa otak anda lebih aktif di siang hari ketika bagian tubuh yang lain juga aktif. Akan tetapi faktanya bukan demikian. Otak kita lebih aktif ketika kita tidur.

5. Otak mengkonsumsi daya sebesar 10 watt - Memang benar, kekuatan komputasi luar biasa yang dimiliki otak hanya perlu 10 watt untuk beroperasi.

6. Lebih tinggi IQ, lebih banyak mimpi - Semakin anda pintar, semakin banyak anda bermimpi. IQ tinggi juga dapat melawan penyakit mental. Beberapa orang juga meyakini bahwa mereka lebih pintar dalam mimpi ketimbang ketika mereka sadar.

7. Otak berubah bentuk selama pubertas - Masa remaja anda lebih dari sekadar perubahan bagaimana anda merasa; struktur otak berubah selama masa remaja, dan bahkan mempengaruhi perilaku impulsif dan beresiko.

8. Otak dapat menyimpan segalanya - Secara teknis, otak memiliki kemampuan untuk menyimpan semua hal yang anda alami, lihat, baca atau dengar. Namun, masalahnya ialah mengingat kembali - apakah anda dapat mengakses informasi tersebut.

9. Informasi dalam otak bergerak dengan kecepatan berbeda - Sel-sel neuron dalam otak dibuat berbeda, dan informasi bergerak melaluinya dengan kecepatan berbeda. Inilah mengapa seringkali anda dapat mengingat suatu informasi sangat cepat, dan seringkali juga membutuhkan waktu lebih lama.

Panca Indera

Anda mungkin saja bisa dikejutkan oleh hal-hal mengagumkan yang dapat dilakukan oleh panca indera anda.

10. Aroma tubuh anda unik - Bau tubuh anda unik bagi diri anda kecuali anda memiliki saudara kembar. Sekalipun bayi dapat mengenali aroma tubuh ibunya.

11. Manusia menggunakan ekolokasi - Manusia dapat menggunakan suaru untuk merasakan obyek di sekitarnya dengan ekolokasi. Diperkirakan orang yang tidak dapat melihat atau yang mengalami kebutaan mengembangkan kemampuan ini untuk mempertinggi keefektifan.

12. Adrenalin memberikan kekuatan super - Ya, dengan respon sesuai pada situasi tertentu, anda benar-benar dapat mengangkat sebuah mobil. Jika anda pernah melihat pertunjukkan Criss Angel, bisa saja hal ini yang memungkinkannya dapat mengangkat sebuah mobil.

13. Wanita memiliki penciuman lebih baik daripada pria - Wanita lebih baik dalam hal mengidentifikasi bau daripada pria.

14. Hidung dapat mengingat 50.000 aroma - Adalah sesuatu yang mungkin bagi hidung untuk mengidentifikasi dan mengingat lebih dari 50.000 aroma.

15. Pendengaran anda menurun ketika kelebihan makan - Saat anda makan berlebihan, sebenarnya hal itu akan mengurangi kemampuan anda untuk mendengar. Jadi pertimbangkan cara makan yang sehat dan berhenti jika anda sudah kenyang.

16. Anda mengalami waktu dalam pikiran anda - Semuanya tentang persepsi anda untuk memikirkan waktu. Beberapa ahli berspekulasi bahwa stres dapat membuat anda mengalami keterlambatan waktu. Nampaknya manipulasi waktu bukan hanya untuk jagoan super saja.

Reproduksi

Sebagai suatu spesies cara kita menghasilkan keturunan memiliki beberapa keunikan. Berikut ada beberapa hal unik yang mungkin saja belum anda ketahui.

17. Gigi bertumbuh sebelum lahir - Meskipun membutuhkan waktu beberapa bulan setelah lahir untuk melihatnya, gigi mulai tumbuh sekitar enam bulan sebelum kelahiran.

18. Bayi lebih kuat dari lembu - Tentu saja dalam skala perbandingan berat. Dalam hal ukuran, bayi lebih bertenaga dan kuat.

19. Bayi selalu memiliki mata biru ketika lahir - Melanin dan paparan terhadap sinar ultraviolet diperlukan untuk menampilkan warna asli mata bayi. Sebelum itu, semua bayi memiliki mata biru.

20. Wanita bisa saja pada dasarnya biseksual - Ada penelitian seks yang mengindikasikan bahwa wanita bisa saja pada dasarnya biseksual, tak jadi soal bagaimana mereka mengklasifikasikan dirinya sendiri, sedangkan pria biasanya hanya normal atau homoseksual.

21. Sebagian besar pria mengalami ereksi ketika tertidur - Setiap satu hingga satu setengah jam, pria tertidur mengalami ereks, meskipun mereka tidak sadar akan hal itu.

22. Seks bisa menjadi penghilang rasa sakit - Meskipun alasan sakit kepala sering menghindarkan diri dari seks, faktanya ialah bahwa hubungan seks dapat melegakan rasa sakit. Seks juga dapat membantu anda mengurangi stres.

23. Cokelat lebih baik dari seks - Dalam beberapa studi, wanita mengklaim bahwa mereka lebih memilih cokelat daripada seks. Tapi apakah itu benar-benar dapat menyebakan orgasme? Mungkin tidak dengan sendirinya.

Fungsi Tubuh

Hal yang dilakukan tubuh seringkali aneh dan terkadang menjijikan. Berikut beberapa keunikan yang dilakukan tubuh.

24. Kotoran telinga perlu - Jika anda ingin telinga sehat, anda perlu kotoran telinga di dalamnya.

25. Kaki anda dapat menghasilkan setengah liter keringat per hari - Ada 500 ribu kelenjar keringat di kedua kaki anda (masing-masing 250 ribu), dan itu berarti banyak keringat bau.

26. Sepanjang hidup anda, jumlah air liur yang anda hasilkan dapat mengisi dua kolam renang - Karena air liur merupakan bagian sangat penting dari pencernaan, sedikit mengherankan jika mulut anda banyak menghasilkannya.

27. Kandung kemih yang penuh kira-kira seukuran dengan soft ball - Ketika kandung kemih anda penuh, terisi dengan cairan sebanyak 800cc, bagian tersebut cukup besar untuk bisa terlihat.

28. Anda mungkin buang angin 14 kali sehari - Rata-rata, anda akan mengeluarkan gas dalam perut beberapa kali sebagai bagian dari pencernaan.

29. Bersin dapat melebihi kecepatan 160 km/jam - Ketika anda akan bersin, tubuh memang mengeluarkannya dalam kecepatan tinggi, jadi anda seharusnya menghindari menekan bersin dan menyebabkan kerusakan pada tubuh.

30. Batuk mencapai kecepatan 96 km/jam - Batuk lebih kurang berbahaya, keluar dari tubuh dengan kecepatan 96 km/jam. Meskipun demikian jika kita berkendara di jalan dengan kecepatan tersebut, masih termasuk kecepatan tinggi.

Sistem Rangka dan Otot

Berikut ada beberapa keunikan rangka dan otot.

31. Tulang dapat hancur sendiri - Adalah sesuatu yang mungkin bagi tulang untuk hancur tanpa masukkan kalsium yang cukup.

32. Anda lebih tinggi di pagi hari - Sepanjang hari, tulang rawan di antara tulang anda terkompresi, menjadikan anda sekitar 1 cm lebih pendek di malam hari.

33. Seperempat tulang anda berada di kaki - Ada masing-masing 26 tulang di kaki, hal itu berarti bahwa 52 tulang itu berada pada angka 25 persen dari keseluruhan tulang tubuh yang berjumlah 206.

34. Lebih banyak otot yang diperlukan untuk cemberut daripada tersenyum- Para ilmuwan belum sepakat tentang jumlah tepatnya, tapi lebih banyak otot yang diperlukan untuk cemberut daripada tersenyum.

35. Ketika melangkah, anda menggunakan 200 otot - Berjalan banyak menggunakan kekuatan otot, apalagi jika anda berjalan 10.000 langkah.

36. Lidah anda merupakan otot terkuat pada tubuh - Bila dibandingkan dengan ukurannya, lidah merupakan otot paling kuat. Tapi anda mungkin tidak dapat mengangkat beban menggunakan lidah.

37. Tulang bisa lebih kuat dari baja - Sekali lagi ini adalah perbandingan berat, karena baja lebih padat dan memiliki daya rentang yang lebih tinggi.

Bagian Tubuh Yang Tidak Diperlukan

Kita memiliki bagian tubuh yang tidak berguna. Berikut beberapa bagian unik tubuh yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

38. Tulang Ekor - Pada zaman sekarang bagian tersebut sudah tidak ada gunanya lagi, meskipun para ilmuwan meyakini itu merupakan peninggalan ekor mamalia yang dulunya dimiliki manusia. Mungkin tidak berguna, tapi jika anda mencederai tulang ekor masih terasa sakit.

39. Kelingking Kaki - Ada spekulasi yang menyatakan karena kita tidak perlu lagi berlari untuk mencari makan, dan kita mengenakkan sepatu, tujuan evolusi kelingking kaki menghilang.

40. Gigi Bungsu - Bagian ketiga geraham ini sebagian besar tidak berguna, hanya menyesakkan mulut dan terkadang menyebabkan nyeri.

41. Organ Vomeronasal - Ada kemoreseptor kecil (dan tak berguna) di dalam hidung.

42. Sebagian besar rambut pada tubuh - Walaupun rambut di bagian wajah memiliki fungsi, rambut yang terdapat di bagian tubuh lainnya secara praktis tidak berguna dan dapat dikeluarkan dengan sangat sedikit efek sakit.

43. Vas Deferen Betina - Sekelompik tubulus buntu dekat ovarium merupakan peninggalan dari sesuatu yang dapat berubah menjadi saluran sperma.

44. Rahim Jantan - Ya, pria juga punya sejenis itu. Peninggalan organ reproduksi betina yang tidak berkembang bergantung pada satu sisi kelenjar prostat jantan.

45. Usus Buntu - Pada dasarnya usus buntu anda tidak memiliki fungsi. Walaupun bagian tersebut menghasilkan beberapa sel darah putih, kebanyakan orang baik-baik saja setelah operasi usus buntu.

Keunikan Tubuh Lainnya

Berikut ini merupakan beberapa keunikan akhir tentang tubuh manusia.

46. Kepala menghasilkan suara intern - Memang jarang, tapi sindrom kepala meledak benar-benar ada.

47. Ingatan dipengaruhi oleh posisi tubuh - Di mana anda berada dan bagaimana anda ditempatkan dalam lingkungan anda memicu ingatan.

48. Anda tidak dapat menggelitik diri anda sendiri - Silahkan saja. Cobalah untuk menggelitik diri anda.

49. Menjadi pengguna tangan kanan dapat memperpanjang hidup anda - Jika anda adalah seseorang yang lebih dominan menggunakan tangan kanan, anda dapat hidup hingga sembilan tahun lebih lama ketimbang seseorang yang kidal.

50. Hanya manusia yang mengeluarkan air mata karena emosi - Hewan lainnya yang menghasilkan air mata memiliki alasan fisiologis untuk melakukan hal itu dan bukan karena emosi.
sumber
Previous
Next Post »

Mau bertanya..? cukup komen saja yang tidak mengandung SARA, P.RNO, dan a SPAM.
Apabila anda melakukan komen tersebut,
otomatis saya akan mendelete. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment